harga beton ready mix

Memilih Produk Beton Ready Mix Untuk Pembangunan Jalan Pedesaan

Diposting pada

Bagaimana cara membangun jalan dengan harga beton ready mix atau beton siap pakai ini.  Peningkatan mutu jalan sangat diperlukan oleh semua warga Indonesia, baik di pedesaan sampai dengan perkotaan. Jalan merupakan akses yang sangat vital untuk melakukan semua kegiatan, seperti mengangkut produk komoditas masyarakat dan juga produk hasil bumi. 

Cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa adalah dengan cara membangung infrastruktur jalan desa dengan baik, tahan lama, dan layak untuk dilalui segala jenis kendaraan. Pemerintah desa yang saat ini dipercaya mengendalikan pembangunan oleh pemerintah pusat, seharusnya kualitas jalan di setiap desa sangat bagus. 

Namun, adakalanya para pejabat desa masih banyak yang belum mengetahui berapa kisaran harga ready mix yang digunakan dalam pembuatan jalan beton tersebut. Dalam hal ini, kualitas beton ditentukan berdasarkan beberapa kriteria yang sudah di tetapkan. Dan inilah yang perlu Anda ketahui bagaimana kriteria mutu kualitas beton redy mix beserta harganya

Mutu beton Kelas I terdiri dari mutu : K-B0 hingga K-200

Khusus untuk mutu beton K-B0, karena mutu beton ini adalah mutu beton dengan kualitas rendah (lean concrete) maka banyak digunakan hanya sebagai pengisi (dasaran) sebelum akhirnya di lapisi lagi dengan beton dengan kualitas yang lebih tinggi diatasnya. Biasanya digunakan untuk pengisi beton pada pengecoran lantai pabrik atau gudang, setelah itu diatas mutu beton ini dilapisi lagi dengan mutu beton yang lebih tinggi sesuai rencana kerja.

Sedangkan mutu beton K-100 hingga K-200 adalah mutu beton yang digunakan untuk pengecoran non struktur bangunan dengan beban yang rendah seperti jalan setapak, ngecor teras rumah dan ngecor lapangan futsal atau lapangan bulu tangkis.

Mutu beton Kelas II terdiri dari mutu : K-225 hingga K-350

Mutu beton ini sudah mulai bisa digunakan untuk pengecoran struktur dengan beban menengah seperti pada pengecoran pelat lantai 2 atau 3 rumah, kolom praktis rumah, pengecoran balkon, pengecoran jalan komplek perumahan dan masih banyak lagi.

Mutu beton Kelas III terdiri dari mutu : K-350 hingga K-600

Mutu beton yang berada pada rentang diatas merupakan mutu beton khusus (tinggi). Banyak digunakan pada pengecoran proyek proyek besar seperti pengecoran jalan antar propinsi, kolom pekerjaan apartemen atau gedung tinggi dan pada pengecoran produsen precast seperti pada pembuatan tiang pancang, bore pile, u ditch, jembatan dan lain lain.

Setelah Anda mengetahui kriteria jenis beton, maka langkah selanjutnya adalah menentukan berapa harga beton ready mix yang akan Anda keluarkan. Berdasarkan jenis, mutu dan kriterianya, maka untuk pembangunan dan pengecoran jalan desa dapat menggunakan mutu beton kelas II. 

Sebelum Anda meninjau harganya lebih lanjut, ada beberapa yang harus Anda fahami diantaranya adalah sebagai berikut. 

  • Harga FA adalah harga untuk beton cor Fly Ash
  • Harga NFA adalah harga untuk beton cor Non Fly Ash
  • Beton cor Fly Ash. Fly Ash (abu terbang) merupakan salah satu residu yang dihasilkan dalam pembakaran dan terdiri dari partikel halus. Fly Ash ini merupakan abu yang dihasilkan selama pembakaran batu bara yang mana penggunaannya untuk campuran beton readymix.
  • Beton cor Non Fly Ash adalah beton cor/readymix concrete yang tidak di campur dengan material Fly Ash.

Harga Beton Ready Mix

Baiklah, Anda mungkin sudah penasaran berapa kisaran harga ready mix ini tentunya. Harga beton readymix ini berkisar diantara Rp. 820.00 s.d Rp. 880.000 untuk harga beton ready mix FA setiap per meter3, sedangkan harga beton ready mix non FA berkisar Rp. 845.000 s.d 905.000 setiap per meter3. 

Kebutuhan peningkatan kualitas jalan di desa sangat bergantung kepada kebijakan bapak ibu yang menjabat sebagai kepala desa. Peningkatan kualitas jalan desa dapat mendorong perekonomian masyarakat desa tersebut. Manfaat ditingkatkan/dibangunnya jalan desa untuk masyarakat pedesaan antara lain :

  • Memperlancar hubungan dan komunikasi dengan tempat lain,
  • Mempermudah pengiriman sarana produksi ke desa,
  • Mempermudah pengiriman hasil produksi ke pasar, baik yang di desa maupun yang di luar
  • Meningkatkan jasa pelayanan sosial, termasuk kesehatan, pendidikan, dan penyuluhan

Dari banyaknya manfaat untuk meningkatkan dan pembangunan jalan untuk desa, sebaiknya segara membuat anggaran bagi segenap perangkat desa agar desa yang masyarakat Anda percayakan kepada Anda dapat berkembang menjadi desa yang lebih baik lagi.

Info Terkait :

  • harga beton readymix lombok barat
Baca Juga :   Sewa Apartemen Green Pramuka Bulanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *