Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa
Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa

Ide Bisnis dan Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa

Diposting pada

Jaman sekarang kita dituntut untuk sekreatif mungkin. Kita tidak bisa menggantungkan pendapatan hanya dari satu sumber saja. Pembahasan kali ini saya akan coba berbagi info tentang ide bisnis dan peluang usaha sampingan untuk mahasiswa dan bisa jadi cocok juga untuk ibu rumah tangga dan pekerja kantoran.

Di era milenial ini setiap orang tidak bisa lepas dari hape atau ponsel dan internet. Penetrasi pertumbuhan angka pengguna internet di indonesia dari tahun ketahun menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan.

Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

Saat ini masyarakat cenderung lebih suka untuk berbelanja kebutuhan baik primer atau tersier secara online. Kemudahan yang ditawarkan dalam membeli secara online membuat usaha bisnis online menjadi sebuah peluang usaha yang wajib kita lirik.

Jasa Penulis Konten Blog/Website

Aktivitas dunia bisnis online tidak luput juga dari yang namanya blog atau website, bagaimana tidak.. dengan menggunakan web atau blog kita juga bisa memperluas jangkauan bisnis kita dengan menggunakan media promosi dari blog.

Banyak sekali para pelaku bisnis online yang kerepotan juga dalam mengelola web nya di karenakan bisnis nya yang sudah mulai ramai. Untuk itulah disini peran serta jasa penulis konten di perlukan untuk mengisi web bisnis yang dia kelola.

Saya yakin rekan rekan Mahasiswa banyak yang pandai menulis, jadi mengapa tidak ambil kesempatan peluang usaha bisnis jasa penulis konten blog ini? Manfaatkan waktu luang di luar jam kuliah rekan rekan Mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan sekaligus juga mengasah skill keterampilan dalam menulis.

Baca Juga :   Bisnis Sampingan Atau Bisnis Reseller ? Bagusan Mana ?

Jadi Youtuber

Youtube termasuk menjadi salah satu yang saya masukan dalam daftar peluang bisnis buat para mahasiswa. Mungkin yang belum tahu kok bisa sih youtube dijadikan sebagai bisnis sampingan mahasiswa? Jawabannya bisa, asalkan tahu caranya.

Temen-temen mahasiswa pasti tau dengan sosok youtuber terkenal seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, dan masih banyak lainnya. Bagaimana mereka mendapat penghasilan dari youtube ? mereka mendapat penghasilan dari youtube yaitu dengan menjadi media partner periklanan yang namanya google adsense. Ya, pengiklan dari google ini selain ada di youtube juga bisa untuk website atau blog.

Selain dari adsense para youtuber ini juga mendapatkan penghasilan dari endorse dari suatu perusahaan atau brand suatu produk.  Endorse produk di youtube ini juga ada kaitannya dengan peluang usaha untuk mahasiswa berikutnya yaitu jasa video promosi perusahaan.

Saya kira rekan mahasiswa juga pasti mumpuni untuk melakukan hal yang sama, apalagi juga di dukung dengan kemampuan akademik yang bagus pastinya ide ide untuk membuat konten original dan bermanfaat sangat mudah dilakukan.

Jasa Video Promosi Perusahaan

Kemampuan untuk membuat konten dalam bentuk video sebagi media promosi mutlak sangat di perlukan saat ini. Dimana youtube menjadi dominasi kedua selain google sebagai media promosi suatu bisnis. Membuat video promosi dengan menggunakan power point saja saya yakin rekan rekan mahasiswa sudah mahir dalam membuatnya.

Sebagai gambaran saja, durasi video promosi yang hanya 10 detik bisa di hargai di kisaran 300 ribuan bahkan ada yang lebih. Nah kaitannya dengan video promosi ini akan jadi sangat efektif juga apabila kita sebagai youtuber juga yang mempunyai ribuan subscriber akan menjadi ladang bisnis endorse.

Baca Juga :   Bisnis Sampingan Atau Bisnis Reseller ? Bagusan Mana ?

Ibaratnya seperti sebuah paket jasa all in one, kita tawarkan jasa media promosi melalui blog, jasa promosi pembuatan video dan sekaligus jasa endorse produk ke channel youtube kita.

Bisnis Reseller / Dropshipper

Dari ketiga Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa di atas, satu lagi yang saya rekomendasikan buat anda rekan rekan mahasiswa adalah bisnis dropship atau bisnis reseller. Apa sih dropship dan reseller itu ?

Dari kata “Reseller” sendiri reseller merupakan 2 buah suku kata yang di adopsi dari istilah asing yaitu Re (kembali atau mengulang) dan Seller (Penjual). Pengertian sederhananya adalah kita menjualkan ulang atau jual lagi produk orang lain dengan sistem tertentu yang sudah disepakati bersama dan harus ada stok.

Keuntungan dari bisnis reseller sendiri kita tidak memerlukan modal yang besar bahkan kadang ada yang gratis. Untuk usaha sampingan bisnis reseller ini saya merekomendasikan anda untuk bergabung dengan sebuah platform bisnis reseller yaitu situs evermos.com

Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa
Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa

Sedangkan untuk istilah “Dropshipper” hampir sama dengan reseller cuma yang membedakan adalah TIDAK ADA STOK. Jadi kita menjualkan produk dari Supplier (Produsen) dan lalu kita menjualkannya walaupun kita tidak punya stok barang. Ketika terjadi penjualan, maka kita akan meneruskan proses packing ke supplier dan kita mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang kita jual ke konsumen dan selisih harga modal dari supplier.

Semoga bisa dipahami yang rekan rekan mahasiswa semuanya, apabila masih bingung untuk berbisnis anda bisa kunjungi situs evermos.com yang menyediakan peluang usaha untuk mahasiswa. Terimakasih dan salam sukses selalu buat rekan rekan mahasiswa dalam bidang akademik dan bisnisnya.