pasang solar panel
pasang solar panel

Dapatkan Listrik Berkualitas Dengan Menggunakan Solar Panel

Diposting pada

Pasang solar panel merupakan salah satu gerakan pemerintah untuk meningkatkan pemakaian energi baru terbarukan. Pembangkit listrik tenaga surya saat ini terus meningkat di seluruh dunia memang sedang meningkat. Bahkan berdasarkan penelitian, terdapat lima negara yang sudah secara aktif menggunakan tenaga solar panel sebagai sumber energi listrik yaitu India, Jepang, Filipina dan Thailand. Namun di Indonesia, pengguna solar panel masih dalam angka masif.

Energi listrik dari tenaga surya dapat dijadikan sebagai sumber energi listrik cadangan yang bermanfaat saat aliran listrik dari PLN padam. Selain itu, dengan meningkatnya pengguna solar panel akan berdampak pada pencegahan pemanasan global akibat rumah kaca dan pencemaran lingkungan. Hal itu karena dalam solar panel ini tidak mengeluarkan zat-zat berbahaya atau polusi udara. untuk menghasilkan aliran listrik yang sesuai dengan kebutuhan, diperlukan adanya beberapa komponen untuk membuat solar system.

Komponen Penyusun Solar Panel

1. Photovoltaic Module

Modul surya adalah perangkat semikonduktor serta mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Terdapat dua jenis photovoltaic module yang banyak digunakan yaitu monokristalin dan polikristalin.

2. Controller

Controller merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur tegangan dan arus yang dikeluarkan dari photovoltaic module. Controller juga berfungsi untuk mencegah battery overload dengan melalui proses charger. Untuk Menggunakan controller ini, satuan tegangan yang digunakan adalah Volt dan kuat arus ampere. Dengan begitu, kedua hal tersebut perlu diperhatikan pada saat proses mengisi daya baterai.

3. Inverter

Energi yang dihasilkan oleh solar system merupakan arus listrik searah atau direct Current. Sedangkan kebanyakan peralatan listrik yang digunakan adalah menggunakan arus listrik tidak searah. Oleh karena itu, agar arus DC yang dihasilkan melalui solar berubah menjadi arus AC, dibutuhkan adanya inverter. Selain itu, tegangan listrik juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan inverter.

Baca Juga :   MANFAAT KEGUNAAN TRANSFORMATOR

Pasang solar panel akan menghasilkan listrik yang bermanfaat bagi dunia industri karena cenderung lebih hemat. Jika anda tertarik dengan penggunaan panel surya tersebut, anda bisa menggunakan jasa kami melalui https://sewatama.com/id/.  Untuk masalah kualitas dan tak perlu khawatir karena kami sudah berpengalaman lebih dari 27 tahun pada bidang kelistrikan.

Dengan pengalaman dan keahlian yang kami miliki, pasang solar panel dapat berlangsung dengan waktu yang tidak lama. Selain itu sebagai konsultan kelistrikan, anda bisa berkonsultasi seputar kelistrikan dan sumber energi listrik kepada kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *