Gejala Corona

Mengenal 5 Gejala Corona yang Tidak Boleh Diremehkan

Diposting pada

Covid 19 atau penyakit yang disebabkan oleh virus Corona belakangan ini memang tengah menjadi perhatian dunia, karena termasuk sebagai pandemi yang sangat mematikan. Hingga sekarang bahkan tercatat puluhan ribu korban jiwa disebabkan oleh wabah mematikan ini. Umumnya gejala Corona sendiri memang tampak seperti flu pada umumnya, sehingga tak jarang diantaranya penderita yang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya terjangkit penyakit berbahaya tersebut menularkannya kepada orang lain sehat. Hal inilah yang kemudian membuat angka persebarannya cukup cepat begitu juga dengan tingkat kematian yang disebabkan.

Coronavirus pada dasarnya memang dapat secara mudah menular kepada siapa saja, mulai diantaranya adalah bayi, anak-anak sampai yang paling rentan adalah orang yang sudah lanjut usia. Virus yang satu ini dapat menginfeksi sistem pernapasan yang disertai dengan resiko terjadinya komplikasi, sehingga hal tersebutlah yang kemudian memicu resiko kematian juga tinggi. Meskipun demikian juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya kemungkinan recovery atau kesembuhan juga tinggi, asalkan diimbangi dengan penanganan secara tepat.

Gejala Corona

Apalagi sekarang ini jika dilihat sudah banyak diantara rumah sakit yang ada di Indonesia dijadikan sebagai rujukan untuk masyarakat yang terjangkit penyakit Covid 19 tersebut. Tak tanggung-tanggung bahkan pemerintah yang antinya akan membiayai pengobatannya. Berikut ini diantaranya beberapa gejala umum dari penyakit Covid 19 ini yang hendaknya Anda waspadai, yaitu:

  1. Demam, orang-orang yang terjangkit coronavirus sebagian besar diantaranya akan menunjukkan gejala yaitu peningkatan suhu tubuh atau demam. Karena sistem imuns secara aktif berusaha melawan virus yang menjangkiti tubuh tersebut. Suhu tubuh penderitanya akan meningkat mencapai 38 derajat Celcius bahkan lebih.
  2. Batuk, umumnya bagi pasien yang baru terinfeksi oleh virus yang satu ini, pada hari pertama akan menunjukkan gejala yaitu batuk tidak berdahak atau batuk kering. Batuk yang dialami oleh penderita Covid 19 ini memang agak berbeda dibandingkan dengan batuk pada umumnya, karena berada pada tulang dada atau sternum penderitanya.
  3. Kesulitan bernapas, ketika infeksi tersebut sudah memasuki hari ketiga, maka nantinya gejala akan bertambah yaitu sesak napas atau kesulitan bernapas, jika sudah mulai mengalami kondisi semacam ini dan disertai dengan batuk maka wajib untuk diwaspadai. Dada biasanya akan terasa begitu ketat seolah-olah penderitanya tidak dapat bernapas, sehingga harus segera mendapatkan tindakan yang serius. Sesak napas ini bahkan akan bertambah parah pada orang yang sudah berusia lanjut atau memiliki riwayat penyakit paru-paru.
  4. Sakit kepala dan juga flu, gejala yang juga akan menyertai setelahnya adalah rasa sakit kepala dan juga flu. Menyerupai terkena pilek. Hanya saja jika flu biasa akan membaik ketika sudah memasuki 7 hari atau lebih, berbeda dengan Corona ini yang tidak cepat sembuh bahkan kian lama akan semakin memburuk.
  5. Anosmia, sebagian diantara penderita Covid 19 ini juga akan mengalami anosmia atau yang dikenal sebagai kondisi berkurangnya indera penciuman bahkan juga berkurangnya kemampuan di dalam merasakan makanan. Hanya saja kebanyakan memang menganggapnya sebagai gejala flu biasa.
Baca Juga :   5 Jenis Salad Buah yang Bikin Perut Rata Kurang dari 2 Minggu

Jika sudah mulai merasakan gejala Corona di atas, maka patut bagi Anda untuk segera menghubungi dokter, sehingga dilakukan tindakan pengecekan lebih lanjut. Selama itu sangat disarankan untuk mengisolasi diri di rumah dan juga menjaga kebersihan. Sehingga nantinya penyakit tersebut tidak menular kepada orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *