Muncul Flek Coklat Sebelum Haid Apakah Buruk Bagi Kesehatan?

Flek Coklat Sebelum Haid
Flek Coklat Sebelum Haid

Organ reproduksi bagi kaum hawa merupakan hal yang harus di jaga dengan baik dan hati-hati, dikarenakan jika terjadi diluar keajaran seperti muncul flek coklat sebelum haid bagi kaum hawa yang belum memahami kesehatan akan merasa cemas dan khawatir. 

Munculnya pada organ genital wanita bisa jadi merupakan salah satu ciri yang sangat berarti bagi kesehatan. Misalnya jika muncul flek tanpa indikasi lain bisa saja Anda sedang hamil. Namun, apakah fel coklat sebelum itu buruk bagi kesehatan?

Jangan terburu-buru dalam menyimpulkan segala sesuatu, apalagi terkait dengan kesehatan. Jangan mudah pula tergiring opini oleh artikel-artikel yang beredar di internet? Jika Anda membutuhkan website rujukan artikel carilah website yang memiliki kredibilitas baik dalam pembuatan artikelnya. 

Selain itu, perlu sekali edukasi kepada setiap kaum hawa terkait organ reproduksinya. Alangkah baikya, bagi kaum hawa untuk selalu rutin memeriksakan organ reproduksinya secara berkala jika sudah berkeluarga dikarenakan hal tersebut membantu mencegah terjadinya infeksi yang di akibatkan virus, parasite atau perubahan yang disebabkan oleh kanker, dan sebagainya. 

Yang Normal

Gejala munculnya pada organ reproduksi wanita yang pertama merupakan salah satu gejala PMS (premenstrual syndrom). Munculnya sebelum PMS atau merupakan hal yang wajar bagi setiap wanita. Pada umumnya, muncul pada wanita yang merupakan gejala PMS terjadi antara 1-2 hari atau bahkan beberapa jam setelah munculnya bercak atau flek yang berwarna merah muda atau coklat ini. Setelah muncul , akan kemudian darah akan mulai keluar seperti biasanya.

Munculnya flek coklat secara normal juga bisa diakibatkan adanya sisa darah yang menempel pada dinding rahim. Darah yang menempel dalam waktu lama di dinding rahim seiring berjalannya waktu, lama kelamaan akan luruh sehingga menimbulkan bercak coklat. Biasanya munculnya bercak ini keluar setelah masa dan hal ini bukanlah sesuatu yang dapat menimbulkan penyakit tertentu.

Baca Juga :   Pesan Snack Box Murah Dan Enak Jakarta

Flek coklat yang muncul setelah aktifitas seksual yang ‘kasar’ merupakan hal yang wajar. Namun, jika flek tersebut kelaur tanpa henti, barulah Anda harus mengkonsultasikannya dengan bidan atau dokter spesialis kandungan. Aktifitas seksual tidak wajar inilah yang akan membuat dinding vagina Anda terluka, sehingga jika flek yang keluar tidak terlalu banyak maka hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak perlu Anda khawatirkan. 

Selain aktivitas seksual yang tidak wajar, pemeriksaan seperti Pap Smear yang harus membuka vagina membutuhkan alat berupa cocor bebek kemungkinan dapat memberikan goresan jika Anda tidak rileks dan santai saat tindakan tersebut. Alhasil, dapat menimbulkan luka. Jika tidak terjadi perdarahan berarti maka hal tersebut tidak Anda khawatirkan. 

Yang terakhir, munculnya flek coklat sebelum adalah bisa dikarenakan Anda sedang masa kehamilan. Namun, jika Anda hamil terdapat indikasi lain seperti pasing, mual dan muntah, perubahan suasana hati, perut terasa keram, payudara terasa kencang dan sakit, kelelahan, area punggung bagian bawah terasa nyeri.

Munculnya indikasi tersebut, dengan dibarengi dengan aktifitas seksual Anda yang tinggi bisa jadi Anda sedang mengalami masa kehamilan. Untuk memperkuat dugaan ini, ada dua langkah yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut. 

Pertama, lakukan pemeriksaan urin untuk melihat muncul atau tidaknya hormone Human chorionic gonadotropin (hCG). Alat strip yang biasa ditemukan di apotek ini bisa mengidentifikasi apakah Anda telah hamil atau tidak. Tandanya adalah muncul dua garis merah pada alat strip tersebut. 

Kedua, pemeriksaan dilakukan jika Anda sudah masuk usia kehamilan 3 bulan untuk memastikan posisi janin. Apakah janin berada di dalam kandungan atau di luar kandungan, hal ini sangat penting sekali dilakukan supaya dokter tidak terlambat dalam menentukan diagnosanya. 

Baca Juga :   Tresseme Shampoo Untuk Rambut Rontok Terbaik

Demikian artikel Muncul Flek Coklat Sebelum Apakah Buruk Bagi Kesehatan? Semoga artikel ini memberikan wawasan dan sudut pandang baru terkait flek coklat yang kerap kali muncul yang membuat kaum hawa sering bertanya-tanya. Jadi, jangan terburu-buru khawatir dikarenakan flek coklat yang keluar bisa saja merupakan hal yang normal.