Program Startup Indonesia

Wajib Ikuti Program Startup Indonesia Untuk Para Founder Startup

Diposting pada

Indonesia saat ini mengalami percepatan pertumbuhan dalam dunia digital yang berpengaruh kepada percepatan pertumbuhan startup di beberapa daerah. Dengan banyak bermunculan startup di Indonesia, tentunya bagi seorang founder harus mengikuti program startup Indonesia yang dibuat oleh pemerintah.

Kenapa seorang founder harus mengikuti kegiatan program startup Indonesia? Alasan utamanya adalah meningkatkan pemahaman, meningkatkan ketajaman ide, menambah relasi dan yang paling penting adalah mendapatkan pendanaan dari investor.

Program Startup Indonesia

Daftar Isi

Bagi Anda yang belum memiliki bentuk dari ide atau gagasan Anda sendiri ataupun Anda sudah memiliki sebuah bentuk startup, perlu diperhatikan program startup apa yang harus Anda ikuti agar Anda bisa mengaplikasikan ide Anda menjadi sebuah sistem dan juga mendapatkan pendanaan.

Ada dua hal yang harus Anda ketahui dalam dunia startup, yaitu :

Program Inkubator

Secara bahasa “incubator” adalah sebuah alat untuk menjaga embrio agar tetap hidup dan bertahan dalam situasi sulit. Begitupula jika hal ini dikaitkan dengan startup. Adanya program incubator agar sebuah bisnis bisa di jaga dan dikembangkan.

Program inkubator akan lebih fokus pada startup pemula atau masih tahap permulaan, bahkan program inkubator ini bertujuan untuk membantu startup yang baru mau terbentuk. Tujuan utama program inkubator yaitu agar dapat membantu founder dalam mengembangkan ide-idenya, model bisnis seperti apa, dan dapat mengeksekusi minimum viable product (MVP).

Program inkubator ini lebih khusus kepada pembinaan founder dengan mentor yang dibutuhkan dalam pengembangan ide dan juga bisnis. Namun, tidak semua inkubator dapat memberikan pendanaan. Pada tahapan selanjutnya yaitu program akselerasi yang memungkinkan Anda dapat menarik minat para investor untuk mendapatkan pendanaan.

Baca Juga :   Ide Bisnis dan Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa

Program Akselerator

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, program akselerator ini memungkinkan founder mendapatkan pendanaan awal. Lebih tepatnya, program akselerator akan berfokus untuk membantu startup yang telah mencapai product-market fit [penerimaan produk di pasar] untuk melakukan eskalasi bisnis atau growth.

Pada tahap ini seorang founder akan lebih banyak diajarkan tentang bagaimana melakukan ekspansi produk, growth hacking, sampai dengan tahap pendanaan oleh investor setelah melakukan berbagai langkah rumit yang diminta.
Program akselerator diadakan selama kurang lebih 2-3 bulan. Program ini biasanya terdiri dari beberapa rangkaian program startup di Indonesia yang terdiri dari beberapa agenda untuk menyaring dan memberikan edukasi kepada para peserta program akselerator ini.

Program akselerasi biasanya akan melakukan seleksi ketat dikarenakan mereka ingin meloloskan usaha yag benar-benar dapat terbukti menguntungkan baik untuk perusahaan dan pemodal. Akselerasi ini akan mengenalkan perencanaan dan proyeksi bisnis termasuk juga kecakapan seorang foundernya.

Selanjutnya akan ada sesi mentoring dengan para pakar di berbagai latar belakang dan berbagai bidang disipilin ilmu khusus, mulai dari bisnis, pemasaran, hingga teknologi yang akan dikembangkan oleh perusahaan atau foundernya.

Jika Anda beruntung, Anda akan mendapatkan angel investor yang mana mereka akan memberikan pendanaan awal untuk perusahaan Anda walaupun perusahaan Anda dikemudian hari tidak akan berkembang bahkan bangkrut.

Untuk mendapatkan angel investor banyak hal yang harus Anda lakukan dikarenakan seorang Angel investor merupakan sebuah perusahaan atau merupakan perseorangan yang akan memberikan uang kepada Anda untuk mengembangkan bisnis yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan yang dijalankan oleh angel investor tersebut.

Dari hasil program startup Indonsia ini berupa inkubasi dan akselerator membuat Anda sebagi founder sudah dapat memperluas pengalaman serta jejaring Anda dalam mengembangkan startup untuk memecahkan masalah yang ada disekitar Anda.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Investasi Reksadana Agar Cuan Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *